HnJxnamjFNAlOVF6Q1uObREh7avz80zCg0Efg9rw
Jangan Sampai Salah Pilih, ini 7 Tips Memilih Apartemen

Iklan Billboard 970x250

Jangan Sampai Salah Pilih, ini 7 Tips Memilih Apartemen


Keterbatasan lahan membuat permintaan terhadap apartemen semakin meningkat. Pihak developer berlomba-lomba membangun gedung apartemen di lokasi-lokasi strategis. Selain digunakan sebagai tempat tinggal, apartemen juga bisa digunakan sebagai produk investasi di bidang properti. 

Apartemen dipilih karena lokasinya yang strategis berada di tengah-tengah kota. Selain itu, kelengkapan fasilitasnya juga seringkali menjadi alasan kenapa orang lebih memilih tinggal di apartemen daripada di rumah tapak. 

Tips Memilih Apartemen 

Baik digunakan sebagai produk investasi maupun sebagai tempat tinggal, memilih apartemen tentu tidak bisa dilakukan dengan sembarang. Ada hal-hal yang perlu kamu perhatikan selain harganya. Nah, untuk kamu yang ingin membeli apartemen dalam waktu dekat, sebaiknya simak tips berikut ini agar tidak salah membeli jenis properti yang satu ini. 

1. Lokasi 
Salah satu alasan seseorang lebih memilih untuk memiliki apartemen adalah karena apartemen dibangun di kawasan yang strategis, meskipun ada pula apartemen yang dibangun di kawasan yang tidak terlalu strategis. Pilihlah apartemen yang berada di lokasi strategis, dekat dengan kantor, dan dekat dengan fasilitas umum lainnya. Jangan lupakan juga kemudahan akses menuju ke apartemen. 

2. Sertifikat bangunan 
Cari tahu mengenai sertifikat bangunan sebelum membeli apartemen. Biasanya, status kepemilikan apartemen adalah Hak Guna Bangunan (HGB) yang habis masa pakainya setelah 20 tahun. Selain itu, kamu juga perlu memastikan developer memiliki surat izin prinsip, surat IMB, dan surat-surat penting lainnya. Pastikan gedung apartemen tersebut sudah memiliki izin dan tidak memiliki sengketa. 

3. Kelengkapan fasilitas 
Apartemen dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk menunjang hidup para penghuninya. Fasilitas tersebut bisa berupa pusat kebugaran, tempat spa dan sauna, pusat perbelanjaan, fasilitas kesehatan, dan fasilitas-fasilitas lainnya. Masing-masing apartemen menawarkan fasilitas yang berbeda-beda. Kamu tinggal menyesuaikannya dengan kebutuhan. 

4. Faktor keamanan 
Yang tidak kalah penting adalah faktor keamanan. Tentunya kamu tidak ingin tinggal di apartemen dengan tingkat keamanan rendah. Memperhatikan tingkat keamanan akan sepaket dengan tingkat kriminalitas di daerah tersebut. Meskipun pihak pengembang memberikan fasilitas keamanan tingkat tinggi, jika daerah sekitarnya rawan terjadi kriminalitas, tentu kamu akan berpikir dua kali untuk membeli apartemen di daerah tersebut. 

5. Lahan parkir 
Carilah apartemen yang memiliki lahan parkir yang luas. Terutama untuk kamu yang membawa kendaraan pribadi. Meskipun semua gedung apartemen dilengkapi dengan lahan parkir, tapi kamu harus memastikannya sendiri bahwa lahan yang disediakan cukup luas untuk menampung semua kendaraan penghuni apartemen. 

Hal ini penting karena tidak semua apartemen memiliki lahan parkir yang memadai untuk semua penghuninya. Jadi, ketika kamu menempatinya nanti, kamu tidak perlu berebut lahan parkir lagi. Kamu bisa memarkirkan kendaraan dengan nyaman dan aman. 

6. Rekam jejak developer 
Tips yang kelima adalah memperhatikan rekam jejak developer. Tidak sedikit developer atau pihak pengembang properti yang memiliki rekam jejak buruk. Ada banyak kasus pihak developer yang sudah menerima uang muka pembayaran apartemen tapi gedungnya tidak pernah selesai dibangun. Pastikan kamu tidak memilih salah satu di antaranya. 

7. Jenis apartemen 
Pilihlah jenis apartemen yang sesuai dengan kebutuhan. Setidaknya, ada tiga jenis apartemen yang ditawarkan, yaitu apartemen tanpa furniture, semi furnitur, dan full furniture. Kamu juga perlu memperhatikan ukuran unit apartemen yang akan kamu pilih. Pastikan apartemen yang kamu pilih adalah unit yang sesuai dengan kebutuhan kamu. 

Demikian tujuh tips memilih apartemen. Membeli unit apartemen harus disesuaikan dengan kebutuhan pembelinya. Selain itu, harus disesuaikan pula dengan kondisi keuangan. Jangan buru-buru memilih. Bandingkan berbagai pilihan apartemen yang ada untuk bisa mendapatkan apartemen terbaik di lokasi strategis dengan fasilitas komplit dan harga properti yang lebih murah.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar