HnJxnamjFNAlOVF6Q1uObREh7avz80zCg0Efg9rw
Waspada, Inilah Tanda Penyakit dan Pantangan Asam Urat yang Harus Diperhatikan!

Iklan Billboard 970x250

Waspada, Inilah Tanda Penyakit dan Pantangan Asam Urat yang Harus Diperhatikan!


Sesungguhnya asam surat merupakan sebuah senyawa yang ada pada tubuh manusia, sama dengan jenis lainnya ini juga dibutuhkan oleh tubuh. Tetapi hal itu dapat memperburuk ketika kondisi atau kadar asam urat tiba-tiba meningkat diatas rata-rata. Bagian utama yang diserang oleh penyakit tersebut adalah pada bagian sendi seperti dengkul, siku, jari, tangan dan beberapa bagian lainnya. Selain menyebabkan nyeri pada sendi, munculnya penyakit tersebut juga memicu masalah lain seperti pembengkakan, peradangan, panas sampai dengan beberapa bagian yang membuat ada beberapa pantangan asam urat harus diperhatikan. 

Sebagai orang awam sering sekali tidak sar jika ternyata sudah mengidap penyakit tersebut, banyak yang mengira sakit pegal biasa. Nah, inilah pentingnya membaca pengetahuan mengenai berbagai penyakit dalam tubuh salah satunya kadar asam urat yang tinggi. Asam urat yang terlihat berbahaya akan menimbulkan beberapa tanda seperti: 
  1. Seringnya kesemutan atau linu pada beberapa bagian tubuh. 
  2. Nyeri yang teramat sangat dirasakan apalagi ketika pada malam hari saat akan tidur dan juga pada bagi harinya saat bangun tidur. 
  3. Sendi yang terserang asam urat pasti akan menimbulkan tanda berbeda seperti terlihat lebih bengkak, kemerahan, panas, nyeri pada bagian luar sampai dengan yang lainnya. 
  4. Beberapa sendi jika dibiarkan bisa menyebabkan kaku yang berlebihan sehingga menyulitkan ketika akan melakukan berbagai aktivitas setiap hari. 
Selain mengenali beberapa tanda yang telah disebutkan diatas, untuk lebih memastikan lagi Anda bisa mencoba untuk melakukan pengecekan kadar asam urat. Umumnya pengecekan bisa melalui dua tes yaitu dalam darah dan juga melalui urine. Jika memang sudah dinyatakan normal tentu Anda harus memperhatikan dan mempertahankan. Usaha yang dapat dilakukan untuk mempertahankan itu adalah dengan menjaga pola hidup yang lebih sehat, selektif terhadap makanan, menjaga berat badan, menjaga olahraga dan beberapa lainnya. 

Ada pula faktor-faktor lain yang memicu atau bisa disebut sebagai pantangan asam urat pada tubuh Anda agar tidak semakin parah, antara lain: 

1. Diet. 

Terkadang orang yang diet lebih fokus pada pengurangan karbo tetapi lebih banyak beberapa zat lain, bahkan tidak sama sekali mengkonsumsi karbo. Hal itu memang tidak salah tetapi tidak benar pula. Diet bisa menyebabkan salah satu asam urat karena terlalu banyak konsumsi daging, makanan laut ataupun gula manis. 

2. Kegemukan. 

Faktor pemicu lainnya adalah kegemukan, ini merupakan salah satu yang sering sekali terjadi di masyarakat. Kondisi tubuh yang gemuk bisa menyebabkan kadar asam urat dalam tubuh bisa meningkat. Bahayanya ginjal akan lebih sulit untuk menghilangkan kadar asam urat tersebut secara cepat. 

3. Keturunan. 

Jika memang ada anggota keluarga sebelumnya pernah mengalami penyakit yang sama, resiko terkena asam urat akan lebih besar. Nah, jika Anda melihat orang tua sudah mengalami hal tersebut tentunya harus perhatikan sejak dini agar terhindar. 

4. Usia dan kelamin. 

Asam urat memang lebih cenderung menyerang mereka yang sudah mempunyai usia lanjut dan pria. Meskipun memang wanita mempunyai resiko yang sama tetapi pada tingkatan yang lebih rendah. 

Nah, itulah beberapa faktor yang menjadi pantangan asam urat yang harus diperhatikan sejak dini. Untuk saat ini mungkin pola hidup yang tidak baik belum Anda rasakan tetapi masalah itu akan muncul setelah melebihi batas. Makanya sebelum terlambat dan Anda terserang penyakit tersebut lebih baiknya untuk segera lakukan perubahan pada diri. Mulai dari lebih selektif terhadap makanan, pahami kebutuhan tubuh, olahraga, istirahat dan beberapa hal seimbang lainnya. 
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar