HnJxnamjFNAlOVF6Q1uObREh7avz80zCg0Efg9rw
Cara Perawatan Luka Diabetes di Rumah yang Mudah untuk Dicoba

Iklan Billboard 970x250

Cara Perawatan Luka Diabetes di Rumah yang Mudah untuk Dicoba


Penderita diabetes biasanya mempunyai pantangan yang harus dijauhi agar tidak membahayakan penyakitnya. Hal tersebut bisa dilakukan dengan mengontrol makanan dan juga kegiatan yang dilakukannya sehingga tidak membuat penyakitnya mudah untuk kambuh. Selain itu untuk penderita diabetes karena mempunyai masa penyembuhan yang lebih lama juga harus berusaha agar dirinya tidak terluka. Ataupun ketika mengalami luka maka sebaiknya melakukan berbagai upaya perawatan luka diabetes di rumah sehingga luka yang dialami tidak bertambah parah yang dapat berakhir dengan amputasi. 

Untuk yang masih awam pasti bingung bagimana caranya untuk melakukan perawatan diabetes sendiri kadang juga masih takut untuk melakukannya sendiri, untuk itu anda juga bisa menggunakan jasa panggil dokter homecare untuk melakukan langkah-langkah perawatan pada luka anda dengan tepat. Namun, untuk anda yang ingin melakukannya sendiri adapun beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk penanganan luka di rumah adalah: 

1. Membersihkan luka 

Cara pertama untuk menangani luka diabetes adalah dengan membersihkan luka. Setiap luka harus dibersihkan sehingga hal tersebut tidak membuat kondisi luka menjadi semakin parah, terutama untuk yang menderita penyakit diabetes. Hal ini bisa dilakukan dengan cara yang mudah seperti para cara penanganan luka lainnya. Dimana caranya adalah dengan membersihkan luka dengan menggunakan air yang mengalir. Gunakan juga sabun untuk dapat membersihkan luka yang dipunyai. Ketika darah sudah berhenti mengalir, maka langkah selanjutnya adalah dengan mengeringkannya dan mengoleskan bekas luka dengan antibiotik agar luka tersebut bisa terbebas dari kuman. Apabila luka Anda dibalut maka jangan lupa juga untuk selalu mengganti perban yang digunakan untuk membalut luka yang dipunyai. 

2. Mengurangi tekanan 

Cara selanjutnya yang bisa digunakan untuk melakukan perawatan luka diabetes di rumah adalah dengan mengurangi tekanan pada luka. Hal ini bisa dilakukan dengan cara yang mudah seperti apabila Anda mengalami luka di bagian tubuh maka bisa untuk menghindari menggunakan pakaian yang ketat. Hal tersebut akan sangat berpengaruh karena apabila luka mengalami tekanan maka dapat membuat luka tersebut menjadi lebih parah. Oleh karena itulah gunakan pakaian yang longgar agar tidak membuat tekanan pada luka. Apabila luka berada di daerah telapak kaki, maka hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan bantalan empuk pada alas kaki sehingga tidak membuat luka menjadi lebih parah. 

3. Mengontrol gula darah 

Upaya selanjutnya agar tidak membuat luka semakin parah adalah dengan mengontrol kadar gula darah yang dimiliki. Hal tersebut akan sangat berpengaruh karena apabila gula darah yang tidak terkontrol juga akan membuat luka menjadi lebih parah karena proses penyembuhan luka yang lama dan sulit. Oleh karena itulah Anda bisa melakukan kontrol gula darah dengan cara mengkonsumsi makanan sehat, berolahraga, dan juga suntik insulin agar dapat lebih efektif mengontrol kadar gula darah. 

4. Memperhatikan tanda infeksi 

Penanganan selanjutnya apabila merawat luka diabetes di rumah adalah dengan memperhatikan tanda infeksi. Hal ini sangat penting sehingga nantinya dapat mencegah kondisi menjadi lebih parah. Oleh karena itulah apabila mengalami tanda seperti luka yang berair, demam, luka membengkak, mengeluarkan nanah dan bau tidak sedap, maka segeralah untuk berkonsultasi ke dokter. 

5. Memenuhi asupan makanan 

Seperti yang telah dijelaskan di atas, salah satu cara perawatan luka diabetes di rumah adalah dengan mengontrol gula darah sehingga tidak membuat kondisi luka menjadi lebih parah dan mempercepat kesembuhan luka. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan memenuhi asupan makanan yang sehat agar dapat memenuhi asupan nutrisi harian Anda. Oleh karena itulah Anda bisa untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung zinc, vitamin C, lemak, vitamin dan mineral, hingga protein yang dapat untuk mendukung penyembuhan luka dengan efektif. 
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar