7 Manfaat Serat Untuk Tubuh

serat-makanan-kliksehat4

Serat telah terbukti membantu melancarkan pencernaan. Selain itu, serat juga dapat mencegah dari berbagai serangan penyakit. Kebanyakan orang hanya mengetahui itu saja manfaat dari serat. Padahal serat juga memiliki peran yang penting bagi kesehatan tubuh, sama pentingnya dengan makanan sehat dan zat-zat lainnya yang dibutuhkan tubuh. Adapun beberapa manfaat serat yang lain adalah :

1. Menjaga kesehatan usus
Memang tidak ada kaitannya antara makanan berserat dengan risiko kanker usus besar. Walaupun begitu, mengonsumsi makanan yang berserat sesuai kebutuhan, secara tidak langsung dapat menjaga kesehatan usus secara keseluruhan.

2. Memperpanjang usia
Mengonsumsi serat sesuai kebutuhan harian yakni 14 gram dalam setiap 1000 kalori, mempunyai kesempatan hidup 9 tahun lebih lama dibandingkan dengan orang yang tidak memenuhi kebutuhan serat hariannya.

3. Mencegah diabetes
Makanan berserat tinggi diketahui juga cukup ampuh dalam memperlambat penyerapan gula di dalam kadar darah. Dengan begitu, orang yang selalu memenuhi kebutuhan serat setiap harinya akan memiliki risiko yang lebih kecil mengalami diabetes tipe 2 dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi serat.

4. Melancarkan pencernaan
Banyak orang yang mengalami masalah pencernaan sehingga membuatnya susah untuk buang air besar. Hal ini bisa jadi dikarenakan kurangnya asupan serat setiap harinya. Bila anda sering mengalaminya, sebaiknya konsumsi serat sesuai kebutuhan harian agar pencernaan anda tidak bermasalah.

5. Mencegah serangan jantung
Menurut sebuah penelitian jangka panjang, makan makanan berserat juga dihubungkan dengan pencegahan penyakit jantung. Selain itu, penelitian tersebut juga membuktikan jika serat dapat mencegah inflamasi dan menurunkan tekanan darah.

6. Menurunkan kolesterol
Serat larut mempunyai peranan penting untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, yang biasanya menjadi biang keladi terjadinya penyakit kardiovaskular.

7. Menurunkan berat badan
Serat mempunyai kecenderungan memberikan efek kenyang pada waktu yang cukup lama. Hal ini bisa dimanfaatkan, terutama bagi anda yang sedang menjalani program diet, sehingga bisa efektif dalam menurunkan berat badan.

Makanan Tinggi Serat

Serat makanan banyak ditemukan dalam berbagai jenis makanan kita sehari-hari, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Berikut ini daftar tertinggi makanan yang mengandung serat:

  • Buah-buahan

Dari golongan buah, alpukat adalah yang tertinggi yaitu akan memberikan 10g serat setiap 1 buah sedang. Selanjutnya adalah buah berry yang menawarkan sekitar 8 g serat per cangkirnya. Sementara buah yang tinggi serat lainnya yang akan memberikan serat bagi anda sekitar lebih kurang 5 gr per buah adalah apel, pear, pepaya, pisang dan jeruk. Sementara anggur kering atau raisin hanya mampu memberikan serat sekitar 1 g per ons.

  • Sayur sayuran

Sayuran tertinggi mengandung serat adalah brokoli, yang menawarkan sekitar 5,1g serat per-cangkir rebus. Sayuran lain yang menawarkan serat sedikit dibawah brokoli adalah lobak, kubis, dan jagung manis. Sementara itu 1 kentang kecil panggang dengan kulit memberikan 1,3g serat, dan 1 wortel mentah memberikan 1,7g serat.

  • Kacang kacangan

Kacang banyak mengandung banyak serat. Menurut ahli gizi, kacang hitam , kacang kedelai dan kacang merah adalah jenis kacang yang merupakan sumber terbaik serat. Anda akan mendapatkan sekitar 15 g serat untuk setiap porsi 1 cangkir. Kacang-kacangan lain, seperti kacang mete, kacang almond juga tinggi serat. Sementara itu per cangkir Kacang hijau akan memberikan sekitar 8.8g serat, dan kacang kedelai bisa memberikan serat hingga 11g percangkirnya.

  • Biji-bijian

Spaghetti, gandum, Oatmeal instan, Popcorn, beras, Beras merah, Roti gandum semuanya merupakan makanan sumber serat. Biji bijian lainnya adalah biji bunga matahari, dengan 3,9g serat persajian 1/4 cangkir.

Itulah jenis makanan sehari-hari kita yang mengandung serat tinggi. Serat terutama akan membantu kita agar jauh dari masalah pencernaan, sembelit hingga kanker usus besar. Pencernaan adalah masalah vital bagi kesehatan, yang juga bertanggung jawab terhadap kelancaran pasokan nutrisi dari makanan yang kita makan kepada seluruh anggota tubuh. Jadi, serat sangat penting dong?

more info klikĀ www.auliaku.com

Share

One thought on “7 Manfaat Serat Untuk Tubuh

  1. JakeTQuammen

    Appreciating the time and energy you put into your website and
    detailed information you present. It’s nice to come across a blog every once in a while that isn’t
    the same out of date rehashed information. Fantastic read!
    I’ve bookmarked your site and I’m adding your RSS feeds to my Google account.

    My blog post JakeTQuammen

Comments are closed.