Pengaruh Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil

Pro kontra mengenai susu kedelai bagi ibu hamil membuat sebagian ibu hamil takut untuk mengkonsumsinya. Sebagian dari ibu hamil merasa khawatir akan mempengaruhi kehamilan apalagi beredar informasi bahwa mengkonsumsi susu kedelai akan membahayakan janin hingga mengakibatkan keguguran, betulkah susu kedelai dapat membahayakan kandungan anda? Susu kedelai memang bukan makanan yang baru yang bagi masyarakat Indonesia selain dapat dengan mudah dikonsumsi melalui kemasan dengan berbagai macam merek, susu kedelai dikenal dengan istilah jus kedelai, soy milk atau soya milk dan dikonsumsi hampir di seluruh negara barat. Susu kedelai menjadi favorit bagi anda yang memilih pola hidup vegetarian.

Seperti susu sapi, susu kedelai juga memberikan manfaat dan khasiat bagi individu yang mengkonsumsinya. Bagi ibu hamil seringkali dilarang untuk mengkonsumsi susu kedelai karena dikhawatirkan akan menggangu kesehatan janin bahkan sampai bisa mengakibatkan keguguran. Bagi ibu hamil yang mengkonsumsi susu kedelai pada usia kehamilan satu sampai tiga bulan sebaiknya dibatasi karena kandungan phytoestrogen yang terdapat pada susu kedelai dapat meningkatkan resiko keguguran. Kandungan phytoestrogen berasal dari tumbuhan sedangkan estrogen diproduksi oleh tubuh anda. Adapun yang dianggap berbahaya adalah estrogen pada trimester pertama yang akan memicu kontraksi pada rahim dikarenakan perekat janin belum sempurna.

Khasiat-Susu-Kedelai Meskipun demikian bukan berarti anda tidak boleh mengkonsumsi susu kedelai karena ketika anda telah melalui usia kandungan trimester pertama maka perekat janin akan semakin kuat sehingga anda dapat mengkonsumsi susu kedelai dengan jumlah yang wajar. Hal yang harus anda ingat bahwa keguguran tidak saja dari faktor makanan yang anda konsumsi melainkan dari kekuatan rahim anda dan riwayat kehamilan sebelumnya. Mengkonsumsi susu kedelai sangat bermanfaat bagi ibu hamil apabila dikonsumsi dengan tepat, anda dapat mengkonsumsinya ketika menginjak usia kandungan trimester kedua.

 

Berikut adalah beberapa cara yang bisa anda ambil manfaatnya dari susu kedelai:

  1. Kandungan asam folat

Asam folat yang terkandung dalam susu kedelai memiliki nutrisi yang sangat penting untuk kehamilan anda. Manfaat dari asam folat yaitu untuk membantu anda dalam pertumbuhan dan perkembangan janin, terutama dalam sel saraf. Perkembangan saraf yang optimal akan membantu bayi dalam meningkatkan kecerdasannya.

  1. Kandungan vitamin

Vitamin pada susu kedelai diantaranya adalah vitamin A, Vitamin E dan juga Vitamin B yang memiliki manfaat dalam menjaga kondisi ibu hamil untuk tetap bugar dan sehat selama kehamilan.

  1. Protein

Kandungan protein yang terdapat pada susu kedelai akan membantu anda dalam menjaga kesehatan organ dalam tubuh selama kehamilan. Protein akan membantu anda dalam mengontrol organ janin dan juga perkembangan yang optimal. Protein yang terdapat di dalam susu kedelai sangat lengkap diantaranya adalah glisin, arginin, treonin dan juga lisin.

  1. Karbohidrat

Kandungan karbohidrat akan membantu anda dalam melawan kelelahan dan juga memberikan manfaat dalam asupan energi tambahan yang berbeda dari orang yang tidak mengandung. Dengan begitu susu kedelai akan membantu energi di dalam tubuh anda terpenuhi.

  1. Lemak nabati

Susu kedelai memiliki kandungan yang berbeda dari yang lainnya, yaitu lemak nabati yang bermanfaat dalam memerangi kolestrol jahat yang ada di dalam tubuh dan tidak menutup kemungkinan ibu hamil memiliki kolestrol yang tinggi, sehingga dengan kolestrolin yang terkontrol akan membantu ibu hamil terhindar dari masalah kehamilan.

sumber : bidanku.com

 

Share