Oatmeal , Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Anda gemar menyantap oatmeal sebagai menu sarapan? Jika iya, Anda patut tenang karena jenis makanan ini ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda dan janin di dalam kandungan. Memang, dibandingkan dengan nasi, oatmeal belum terlalu familier dijadikan santapan pagi bagi masyarakat Indonesia. Namun, melihat banyaknya nutrisi sekaligus manfaat yang terkandung dalam oatmeal, salah satu jenis makanan ini wajib dihadirkan ke dalam menu keseharian Anda. Nah, berikut ini beberapa jenis nutrisi dan manfaat oatmeal bagi ibu hamil dan janin :

cara-menjaga-ibu-hamil-dan-janin-tetap-sehat

  1. Karbohidrat kompleks
    Oatmeal mengandung karbohidrat kompleks. Dengan mengonsumsi oatmeal maka ibu hamil akan cepat terasa kenyang sehingga ibu hamil terhindar dari obesitas akibat terlalu banyak makan atau mengemil.
  2. Serat
    Serat tinggi yang terkandung dalam oatmeal sangat bermanfaat bagi ibu hamil yang kerap dilanda gangguan sistem pencernaan. Karena itu, mengonsumsi oatmeal akan membantu ibu hamil untuk mencegah keluhan sembelit, konstipasi, maupun diare. Selain itu, serat dalam oatmel juga membantu ibu hamil untuk menjaga berat badan tetap ideal. Bahkan, serat dalam oatmeal ini tergolong dalam jenis serat larut yang mampu menghambat penyerapan kolesterol jahat (LDL). Dengan begitu, secara otomatis oatmeal juga bermanfaat menurunkan kolesterol yang dapat membahayakan kesehatan ibu hamil dan janin, berupa penyakit jantung dan hipertensi.
  3. Kalsium
    Kalsium adalah salah satu jenis mineral yang wajib diasup oleh ibu hamil. Jenis nutrisi ini sangat bermanfaat dalam membantu menjaga kesehatan, kekuatan, dan kepadatan tulang dan gigi ibu hamil serta menunjang pertumbuhan tulang dan gigi pada janin.
  4. Magnesium
    Mangnesium dalam oatmeal bermanfaat mengatur insulin dan kadar glukosa. Karena itu, dengan rutin mengonsumsi oatmeal maka akan mengurangi risiko diabetes pada ibu hamil.
  5. Zat besi
    Zat besi adalah salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Zat besi ini bermanfaat membantu pembentukan sel darah merah. Jika ibu hamil kekurangan zat besi maka akan mengalami anemia dan kadar hemoglobin yang rendah. Selain itu, zat besi juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku ibu hamil.
  6. Asam folat
    Asam folat merupakan nutrisi wajib untuk mendukung perkembangan otak janin. Jika ibu hamil rajin mengonsumsi oatmeal maka akan mengurangi risiko bayi lahir cacat, bayi lahir dengan berat rendah, atau bayi lahir prematur.
  7. Protein
    Oatmeal juga mengandung protein yang bermanfaat mengoptimalkan pembentukan dan perbaikan jaringan pada janin, seperti jaringan otot, tulang, kulit, dan mata. Bahkan, protein ini sangat penting dalam pembentukan darah dan bermanfaat meningkatkan sistem imun pada ibu hamil.

Mengetahui banyaknya nutrisi dan manfaat yang terkandung dalam oatmeal maka segera jadikan oatmeal sebagai salah satu santapan bergizi ya. Anda bisa mengombinasikan atau mencampurkan oatmeal dengan berbagai macam bahan makanan lain seperti buah dan susu agar rasanya lebih bervariasi. Semoga bermanfaat.

sumber : ibudanmama.com

 

Share